Jumat, 17 Januari 2014

CULTUR STELSEL

 kali ini saya akan memberikan sedikit ilmu mengenai Cultur Stelsel,dari asal katanya Cultur artinya tanaman,Stelsel berarti sistem.Jadi Cultur Stelsel adalah sistem tanaman.HAHA singkat banget yah?iya sih-.- kalo begitu Cultur Stelsel adalah sistem penanaman tertentu yang laku di pasaran EROPA.
Complete yaitu kebijakan pemerintah Belanda yang memerintahkan petani di Indonesia untuk menanami tanaman seperti Kopi,Karet,Nila,Tembakau,atau tanaman yang laku lainnya.


Sebab dibentuknya Cultur Stelsel :
Karna waktu itu kas negara Belanda kosong(bangkrut) akibat terlalu banyak yang dikeluarkan untuk melawan perang Kemerdekaan Belgia dan Perang Diponegoro.

Aturan Cultur Stelsel terdahulu :
1.Petani menyiapkan 1per5 tanahnya,nah hasil dari tanaman itu dijual kepada Belanda dan harganya juga ditetapkan oleh Belandskarna bibitnya dari Belanda.
2.Hasil pertanian diserahkan pada Belanda
3.Kegagalan panen tidak tanggung oleh petani
4.Bagu WNI yang tidak punya kebun atau sawah harus bekerja pada Belanda(Pabrik)

Cultur Stelsel yang dulung bagus,berubah menjadi sistem paksa ketika Cultur Stelsel ditetapkan hanya untuk mengisi kas Belanda(Bupati) yang kosong dan untuk mengawasi para petani(Bupati).Jikalau tanaman seorang petani berhasil maka Bupati dapat persen atau biasa disebut Cultur Procenter(Hadiah yang diberikan kepada Bupati(PengawasPetani) yang sudah berhasil mengumpulkan tanaman yang lebih banyak.Jelas,banyak bupati yang menginginkan persen yang banyak jadi mereka menyuruh petani menanam dilebih banyak petak,hanya karna demi Persen bupati rela menyuruh paksa petani untuk menanam lebih banyak KOPI lagi,dan sisa lahan untuk penanaman nasi pun berkurang.

Akibatnya rakyat Indonesia khususnya di Jawa mati kelaparam karna tidak pernah makan nasi.

Belanda mendapat keuntungan yang luar biasa,uang tersebut digunakan untuk membuka Pemerintahan Belanda yang jauh lebih bagus
 
Jangan lupa Cultur Stelsel ini dibentuk oleh Van Den Bosch

Hoooooooooooooooaaaaaaaam mungkin hari ini cukup,lagi ngantukngantuknya,wassalam reader,have a nice dream:))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar